Sabtu, 14 April 2012

candi prambanan

Candi Prambanan dikenal sebagai peninggalan Hindu abad 10M. Terletak 17 kilometer arah Timur dari pusat kota Yogyakarta, di Jl. Adisutjipto. Dibangun pada masa pemerintahan Raja Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Bentuk bangunannya menjulang tinggi 47 m, berbeda dengan Candi Borobudur yang melebar. Di sekelilingnya terdapat ratusan arca dan candi-candi kecil yang makin menambah kecantikannya.
candi prambanan

Sejarah Candi Prambanan

Legenda Candi prambanan berkaitan dengan dengan kisah cinta seorang lelaki bernama Bandung Bondowoso yang berkeinginan memperistri Roro Jonggrang. Syaratnya, Roro Jonggrang meminta Bandung Bondowoso membuatkannya candi dengan 1000 arca dalam semalam. Ketika 999 arca telah dibuat, Jonggrang menggagalkannya dengan meminta warga desa menumbuk padi biar suasana seperti pagi hari dan ayam jantan mulai berkokok. Lantaran kecewa dan merasa ditipu, ia lantas mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang keseribu.
Candi ini sempat rusak akibat gempa 27 Mei 2006 yang lalu, namun saat ini sudah direnovasi dan kembali dibuka untuk umum.
Lokasi : Jl. Solo, prambanan, Yogyakarta
Tiket masuk : wisatawan domestik Rp. 9.000,- wisatawan asing USD 9
Waktu berkunjung : setiap hari, mulai pukul 09.00 sampai 16.00
Fasilitas yang ada : jasa pemandu, taman, pasar cinderamata, panggung terbuka dan panggung tertutup.
Akses ke objek wisata : dari kota Jogja cukup naik bus jurusan Jogja – Prambanan dan kamu bisa turun pas di depan objek wisatanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar